Senin, 12 Maret 2012

Menempatkan Kesempatan

Teman saya terlihat kesal bukan kepalang, merutuki diri di sepanjang perjalanan pulang,
dalam rentetan penyesalannya ia tak henti-henti mengomel dan menghakimi dirinya sendiri

"ah kamp*** tadi gue emang udah ada didepannya tapi masih rame banget, trus gue nunggu sepian dikit tapi dia malah keburu masuk bus, dan gue akhirnya nggak dapet apa-apa"
kata teman saya itu dengan nada kecewa dan muka masam.

Ceritanya teman saya itu baru kehilangan kesempatan emas untuk dapat tanda tangan dan foto saat bertemu tokoh idolanya.

Sebuah kesempatan yang sudah ia dapatkan sedemikian rupa akhirnya malah tak menghasilkan apapun..
karena ia terlalu percaya pada rencana yang menurut dia lebih bagus, namun ia menyepelekan yang namanya waktu, menunggu terlalu lama hingga timing-nya menjadi tidak tepat dan akhirnya berujung nihil.

Dalam dunia sepakbola kejadian seperti itu lumrah terjadi, sebagaimana kita lihat hal tersebut bahkan bisa dikatakan berlaku pada siapa saja, skill pemain tidak berpengaruh, sebut saja Messi, Ronaldo, Van Persie.. sampai Andik Vermansyah-pun pasti pernah mengalaminya. Mempunyai peluang emas mencetak gol, tapi entah karena punya niatan tertentu, terlalu pede atau apa, bola yang seharusnya tinggal dicocor langsung ke gawang malah masih digiring meliuk-liuk hingga akhirnya saat ditendang bola malah meleset dari gawang, atau bahkan kemudian bisa diantisipasi bek lawan. tidak jadi berbuah gol..

Dalam suatu hal, kita dituntut untuk bertindak hati-hati, tidak gegabah, ojo sembrono, jangan buru-buru,
dan mengambil setiap kesempatan yang kita terima berjalan sesuai dengan rencana kita yang cemerlang agar hasil yang kita dapatkan bisa lebih memuaskan dan indah.
Tapi sadarkah, sering karna kepedeean kita akan segala rencana itu kita malah jadi lupa akan waktu yang membatasi kita dengan kesempatan-kesempatan yang menghampiri kita. Padahal hampir semua waktu yang kita miliki itu terbatas dan ketika kita lengah sedikit, maka tidak mustahil kita akan kehilangan timing yang tepat. Memang ada kalanya rencana kita untuk tidak buru-buru juga bisa berhasil, tapi pastilah akan timbul penyesalan jika ternyata rencana kita itu malah membikin buyar suatu kesempatan. Terkadang untuk beberapa hal kita memang mesti bertindak cepat, tanpa pikir panjang dan mengesampingkan segala rencana-rencana indah yang terbersit di otak kita sebelumnya, dengan cara langsung melakukan eksekusi pada tiap kesempatan yang kita terima.

------------------------------------------------------

Di sepanjang perjalanan saya hanya bisa terdiam dalam riuh rendah rutukan teman saya..hingga sampai kami berpisah-pun saya masih melihat wajahnya yang memuram..

Tapi melalui tulisan ini saya ingin ia bersabar menunggu kesempatan datang kepadanya lain waktu...
dan hei bukankah sang legenda itu masih ada disini sobat? jemput kesempatan itu dan layaknya striker yang haus gol, tak usah bertele-tele, bertindaklah oportunis dan bengis ketika bola sudah berada di depan sang gawang. just shoot.. and goalll!!!! hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salurkan Cemoohan Anda